Cara Sederhana untuk Melatih Otak

Otak merupakan salah satun organ yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Bisa dikatakan bahwa, otak merupakan organ yang bertugas untuk mengatur organ tubuh lain agar tetap berfungsi dengan baik.

Oleh sebab itu, kita harus senantiasa menjaga kesehatan otak kita. Jika otak tidak bisa berfungsi dengan baik, maka akan berpengaruh pada seluruh organ di dalam tubuh juga tidak akan berfungsi dengan baik pula. Selain itu, otak yang sehat juga akan berdampak pada kesehatan mental dan kecerdasan kita.

Untuk membuat otak selalu dala kondisi yang baik, maka Anda perlu melatihnya. Berikut ini adalah beberapa contoh latihan otak yang bisa anda dilakukan agar dapat meningkatkan kecerdasan Anda. Cara sederhana untuk melatih otak,  diantaranya:

Mandi dengan Mata Tertutup

Selama ini mungkin kita sudah terbiasa dengan mandi menggunakan mata terbuka. Namun, cobalah untuk melakukan kebiasaan baru yakni mandi dengan mata tertutup. Hal ini bertujuan untuk melatih indera peraba seperti tangan. Sentuhan rangsangan terhadap benda yang dirasakan pada tangan kita bisa membantu kita melihat. Karena, dengan sentuhan tersebut otak akan menerima pesan kemudian menerjemahkan benda yang disentuh. jadi jangan khawatir Anda akan mengalami masalah walaupun dengan mata tertutup.

Menyikat Gigi dengan Tangan Kiri

Jika kita terbiasa menggosok gigi menggunakan tangan kanan, tentu kita akan merasa repot bila harus menyikat gigi dengan tangan kiri. Akan tetapi, cara ini bisa kita coba untuk melatih otak kita. Dalam sebuah penelitian menyebtkan bahwa menyikat gigi dengan menggunakan tangan kiri dapat menghasilkan ekspansi yang cepat pada otak untuk memproses informasi menuju tangan.

Bermain dengan Uang Koin

Cara sederhana untuk melatih otak yaitu bermain dengan uang koin. Ini merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk melatih otak. Caranya yaitu kita bisa mengumpulkan koin kemudian mengidentifikasikan koin tersebut dengan tanpa melihat. Untuk lebih maksimal, lakukan dengan mata tertutup. Cara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan otak terhubung dengan indera lainnya, yakni indera peraba.

Itulah beberapa cara sederhana untuk melatih otak kita yang bisa dilakukan dalam kegiatan keseharian kita. Semoga memberikan manfaat.